Tips Agar Isi Dompet Tetap Awet Hingga Akhir Bulan

Tips Agar Isi Dompet Tetap Awet Hingga Akhir Bulan – Dompet menipis pada akhir bulan telah dialami oleh sebagian orang , pastinya anda juga termasuk. Hal ini bukanlah karena pemasukan yang tidak mencukupi, tapi juga karena pengeluaran yang bisa dibilang cukup besar. Jika dompet anda sudah tipis ketika akhir bulan, maka banyak hal yang perlu anda urungkan.

Ada beberapa cara bijak untuk anda agar bisa menghindari situasi menipisnya isi dompet pada akhir bulan. Anda tidak hanya bisa berjalan kedepan, tapi anda juga bisa menabung untuk masa depan. Seperti untuk membayar cicilan rumah.

Berikut ini Tips Agar Isi Dompet Tetap awet hingag akhir bulan

Membatasi pemakaian uang tunai dan ATM di tinggal di rumah

Jika anda adalah orang yang suka dan tidak bisa menahan diri untuk belanja, maka solusi terbaik adalah untuk membatasi pemakaian uang tunai anda dan sebaiknya tidak membawa ATM, kartu kredit dan kartu lainnya. Cobalah hitung pengeluaran nyata anda, seperti jumlah pengeluaran untuk makan, transportasi, uang jajan. Hitunglah uang yang perlu untuk 1 hari penuh, jika perlu tinggalkanlah ATM di rumah. Terkadang ATM bisa membuat anda gagal untuk menjalankan strategi membawa uang tunai secukupnya.

Minimalisasi Biaya Transportasi

Jika anda kebiasaan untuk membawa mobil ke tempat tujuan, maka cobalah untuk membawa motor yang lebih hemat.Jika memungkinkan lagi anda bisa menggunakan transportasi umum seperti busway atau kereta commuter line. Anda harus ingat bahwa memilih transportas umum yang nyaman dan aman. Bandingkanlah satu kali perjalanan pulang pergi menggunakan mobil dari rumah ke tujuan anda, berapa biaya bahan bakar yang di butuhkan. Belum lagi tarif tol. Manfaatkanlah kendaraan ataupun transportasi umum yang jauh lebih murah.

Mengurangi Hangout dan Mulai Membawa bekal

Memasak sendiri makanan jauh lebih hemat dibandingkan membeli di luar. Bagi yang sudah berkeluarga, pastinya masih sempat untuk memasak sendiri, maka tidak ada salahnya jika anda membawa bekal dari rumah. Atau jika anda masih lajang, dan tinggal di kos, bawalah bekal makanan dari tempat makanan sekitar kos. Biasanya harga makanan dekat sekitar kos itu pasti akan lebih murah di bandingkan harga yang ada di komplek kantor ataupun kantin kampus. Anda juga harus mengurangi kebiasaan hangout. Kebiasaan ini lah yang membuat dompet anda terkuras dengan cepat.

Belanja di Pasar Tradisional

Jika ingin belanja bahan makanan, belanjalah di pasar tradisional. Cara ini untuk melanjuti usaha membawa bekal makanan dari rumah. Jangan gengsi jika belanja di pasar tradisional. Karena pada pasar tradisional harganya jauh lebih murah dibandingkan di supermarket. Anda bahkan bisa menawar harganya. Jika belum bisa memasak, maka janganlah malu untuk belajar memasak.

Pemakaian Listrik

Biaya listrik kini telah naik, maka ini tandanya anda harus memperhatikan pemakaian listrik sehari-hari agar lebih hemat. Gunakanlah produk yang hemat energi dan hidupkan waktu yang tepat. Jika tidak di gunakanlagi, maka lebih baik segera matikan.

Mengurangi Kebiasaan Merokok

Ini bagi anda yang perokok aktif, cobalah untuk mengurangi konsumsi rokok. Kebiasaan merokok ini selain menghabiskan uang anda, juga bisa memberikan anda penyakit dan juga orang lain. Uang yang anda gunakan untuk merokok, bisa anda gunakan untuk menutupi kebutuhan lainnya agar bisa membeli rumah dengan lebih cepat.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *