Tips Cepat Mengumpulkan Uang Muka Untuk Para Fresh Graduate

Tips Cepat Mengumpulkan Uang Muka Untuk Para Fresh Graduate – Setelah lulus kuliah, anda sudah mulai memasuki realita kehidupan. Hidup tidak lagi disokong oleh orang tua. Pada realita kehiudpan ini, pastinya anda harus memiliki penghasilan sendiri untuk bisa menafkahi diri sendiri. Jika anda baru saja masuk pekerjaan, pastinya gaji akan berada pada level awal sehingga butuh pengelolaan secara matang. Agar finansial anda tetap fit setiap saat, maka ini ada beberapa tips menabung untuk anda, apalagi anda yang masih fresh graduate.

baca juga : Rumah Dijual di Jakarta

Berikut ini tips menabung untuk fresh graduate

Mencatat pengeluaran tetap

Hal pertama yang harus anda catat adalah pengeluaran anda setiap bulannya. Biasanya dana ini mencakup 30 hingga 40% dari penghasilan anda perbulan. Dengan mencatat semua pengeluaran di awal, maka nanti anda akan lebih mudah untuk mengestimasi jumlah uang yang dapat anda tabung setiap bulannya. Catatlah pengeluaran yang anda ingat agar uangnya tidak melenceng yang dari seharusnya.

Sistem autodebet

Menabung merupakan hal yang sulit, apalagi ketika ada diskon diskon yang merajalela. Agar anda dapat menabung rutin, ada baiknya jika anda menabung pada tabungan khusus berjangka yang menggunakan sistem autodebet. Lakukanlah autodebet ketika anda sudah mendapatkan gaji. Dengan begitu, anda akan selalu menabung setiap bulannya. Jika dari awal anda sudah menggunakan sistem ini, maka anda akan bebas finansial pada usia 30 tahun.

Tahan Belanja Untuk 6 Bulan Pertama

Sering kali kita tidak bisa menahan godaan dari belanja. Apalagi ketika lagi diskon besar-besaran. Tapi cobalah untuk berkorban di awal, sehingga kita bisa memetik hasil yang manis nantinya. Tahan keinginan anda untuk belanja selama 6 bulan pertama gajian. Ini berguna gar anda bisa mutlak menggunakan pengeluaran tetap saja.  Alokasikanlah dana belanja anda untuk menabung selama 6 bulan. Ini menjamin bahwa tabungan anda akan membengkak.

Membawa Bekal

Selain menahan belanja, anda juga harus bisa mengirit pengeluaran dengan membawa bekal ke kantor. Ini cukup ampuh untuk anda sebagai pekerja pemula. Mungkin ada beberapa perusahaan yang telah memberikan uang makan dan tranportasi. Jika anda membawa bekal ke kantor, maka uang makan tersebut bisa anda tabung setiap bulan.

Investasi

Investasi kini bukanlah hanya untuk pekerja dengan level jabatan tinggi dan gaji besar. Jika anda pekerja pemula, anda bisa juga kok untuk ikut investasi. Apalagi saat ini telah banyak produk investasi yang terpercaya untuk menawarkan minimum premi yang terjangkau. Untuk pemula, anda bisa mengikuti investasi reksa dana pasar uang. Investasi ini dimulai dengan setoran Rp 100.000 setiap bulan. Umumnya investasi memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan anda menyimpan uang dibank dengan bunga flat per tahun.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *